Silabus
Kelas II
Semester : 1 & 2
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
AZ-ZAHRA disc8
SILABUS
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : II
Semester : I
Standar Kompetensi
- Membiasakan hidup bergotong royong
Kompetensi Dasar | Materi Ajar | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong | Ayo Bergotong Royong · Manusia adalah makhluk sosial · Saling mengunjungi tetangga | · Mengamati gambar tentang keluarga Dina dengan tetangganya (Keluarga Ibu Zaenab) · Menjelaskan dengan siapa saja kita hidup saling membutuhkan (Keluarga inti: ayah memerlukan Ibu, anak perlu ada Ibu dan ayah, kita juga perlu Bibi yang membantu pekerjaan di rumah dsb) | · Menjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong · Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial · Mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong | · Tugas Individu | · Penilaian Lisan · Penilaian sikap melalui pengamatan perilaku · Tes performance | Siapa yang melahirkan bayi? Bersama siapa Dina mengunjungi keluarga Bu Zaenab? Apakah adik bayi sudah bisa melakukan sesuatu? Mengapa adik bayi masih harus dijaga? | 2 x 35 | § Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 - 22 § Orang tua § Teman § Lingkungan sekolah dst |
§ Saling membutuhkan | § Berdiskusi kelas membahas bahwa Manusia tidak dapat hidup sendiri § Berdiskusi bagaimana tata cara saling tolong menolong di rumah § Menuliskan macam-macam cara hidup bergotong royong di sekolah | · Menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan · Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu | ||||||
§ Hidup rukun § Memaafkan orang lain | § Mengamati gambar saling memaafkan teman (Meilan dan Dina di hal 5). § Menceritakan makna gambar (Dina dan Meilan saling membantu) § Menjelaskan keuntungan hidup saling memaafkan § Menjelaskan keuntungan saling membantu sesama | § Menyebutkan bagaimana cara saling membantu sesama § Menjelaskan pentingnya mengapa harus memaafkan orang lain | ||||||
§ Hidup ber gotong royong § Membersihkan lingkungan rumah | § Mengidentifikasi cara-cara hidup gotong royong § Berdiskusi kelas membahas pentingnya bergotong royong dan saling membantu § Menuliskan kegiatan-kegiatan yang termasuk hiduk bergotong royong di rumah | § Mengidentifikasi macam-macam cara hidup bergotong royong § Menjelaskan pentingnya bergotong royong dan saling membantu § Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara bergotong royong di rumah | Tugas Individu | § Tes lisan § Penilaian sikap § Penilaian produk § Penilaia performance | 2x 35 | § Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 - 22 § Orang tua § Teman § Lingkungan sekolah dst § | ||
§ Membantu teman § Kerja bakti di lingkungan | § Mengamati gambar di hal 16, tentang kisah “Ayam yang Berseteru”. § Membaca kisah ayam yang berseteru § Menceritakan inti dari kisah ayam yang berseteru. § Berdiskusi kelas membahas kisah ayam yang berseteru § Bertanya jawab hubungannya dengan hidup rukun | § Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong. § Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong § Menjelaskan tempat dimana saja untuk dapatnya hidup bergotong royong | ||||||
1.2 Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah | § Melaksanakan gotong royong | § Mengamati gambar-gambar cara melaksanakan gotong royong § Melaksanakan hidup bergotong royong tanpa pamrih § Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga di rumah § Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah. | § Melaksanakan kegiatan bersama-sama tanpa pamrih. § Melaksanakan gotong royong di rumah § Melaksanakan gotong royong dan saling membantu di sekolah. § Melaksanakan hak dan kewajiban saling menolong di rumah § Melaksanakan hak dan kewajiban untuk saling menghormati di sekolah | · Tugas Individu | · Tes Subyektif · Penilaian sikap · Penilaian performance · | mewrrnai gambar pada halaman 13-15 Sebutkan tugas-tugasmu di rumah? | 2 x 35 | § Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 - 22 § Orang tua § Teman § Lingkungan sekolah dst |
Mengetahui …………, ………………………………………
Kepala Sekolah Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
…………………………. ………………………………………
NIP. NIP.
SILABUS
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : II
Semester : I
Standar Kompetensi
- Menampilkan sikap cinta lingkungan
Kompetensi Dasar | Materi Ajar | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mengenal pentingnya lingkungan alam, seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan | Ayo Mencintai Lingkungan o Dunia Kita o Manusia dan Alam lingkung annya | · Mengamati gambar tentang Dunia sekitar (halaman 24) · Bertanya jawab tentang manusia ciptaan TuhanYang Maha Esa · Berdiskusi kelas membahas manusia sebagai makhluk individu sekaligus makhluk social · Menjelaskan dengan siapa saja kita hidup berdampingan · Bercerita tentang tata cara memelihara lingkungan sekitar | · Menjelaskan bahwa manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa · Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial · Mengidentifikasi tata cara hidup berdampingan dengan semua makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha esa · Menuliskan sikap hidup sehari-hari bahwa harus menyayangi semua makhluk (teman, hewan, tumbuhan) | · Tugas induvidu | · Penilaian Lisan · Skala sikap · Obyektif Tes · Subyektif Tes · Penilaian performance | semua mahluk di bumi adalah ciptaan ..... Manusia, hewan, dan tumbuhan saling ..... Manusia tidak dapat hidup ........, karena manusia adalah makhluk ...... Manusia ........ oranglain untuk menjaga ........ | 2 x 35 | § Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 23 - 42 § Orang tua § Teman § Lingkungan sekolah dst |
o Menjaga Lingkung an | · Berdiskusi kelas membahas bahwa Manusia saling membutuhkan · Berdiskusi kelas membahas bagaimana tata cara saling membantu menjaga lingkungan sekitar · Menuliskan macam-macam cara hidup menjaga lingkungan sekitar | · Menceritakan bahwa sesama manusia saling membutuhkan · Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu menjaga lingkungan sekitar | ||||||
2.2 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam | o Memeli hara Lingku ngan | · Mengamati gambar-gambar cara melaksanakan pemeliharaan lingkungan · Bertanya jawab tentang cara memeliharan kelestarian hutan · Berdiskusi kelas membahas cara memelihara taman di sekolah · Mengidentifikasi cara-cara melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam · Menuliskan cara pemeliharaan lingkungan alam sekitar (taman, kebun, hutan dan halaman sekolah serta halaman rumah). | · Melaksanakan kegiatan bersama-sama tanpa pamrih. · Melaksanakan kegiatan yang bertujuan memelihara lingkungan sekitar · Memelihara lingkungan sekitar sekolah. · Memelihara lingkungan di sekitar rumah · Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam sekitar (taman, kebun, hutan halaman dsb) | Tugas Individu | · Penilaian sikap · Penilaian performance | mewarnai gambar pada halaman 34-37 | 2 x 35 | § Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 23 - 42 § Orang tua § Teman § Lingkungan sekolah dst § |
Mengetahui …………, ………………………………………
Kepala Sekolah Guru mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
…………………………. ………………………………………
NIP. NIP.
SILABUS
Nama Sekolah : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : II
Semester : II
Standar Kompetensi
- Menampilkan sikap demokratis
Kompetensi Dasar | Materi Ajar | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Mengenal kegiatan bermusyawarah | Ayo Bersikap Demokratis o Hidup yang Demokratis | · Mengamati gambar tentang keluarga Ketut di halaman 44 · Bertanya jawab tentang hak dan kewajiban sebagai anak sekolah · Mengidentifikasi cita-cita hidupnya kalau besar nanti · Berdiskusi tata cara hidup berdemokratis di rumah · Menjelaskan bagaimana caranya hidup berdemokratis | · Mengidentifikasi tata cara hidup secara demokratis · Menjelaskan pentingnya hidup berkelompok. · Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain · Mengidentifikasi cita-cita dalam hubungannya dengan hak dan kewajiban | Tugas Individu | · Tes lisan · Penilaian Skala sikap · Penilaian performance · (unjuk kerja) · Tes lisan · Obyektif Tes · Subyektif Tes · Penilaian perilaku | Ketut dan Ayah saling ......... Karena Ketut sering bermain bola tapi melupakan ......... Ibu memberikan pendapat dan disepakati oleh Ketut Ayah dan Ketut telah bersikap .......... | 2 x 35 | § Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 43 - 58 § Orang tua § Teman § Lingkungan sekolah dst |
3.2 Menghargai suara terbanyak | · Menentukan Rencana Liburan | · Menceritakan bahwa dalam keluarga saling membutuhkan · Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling menghormati · Menjelaskan bagaimana caranya membuat keputusan untuk menentukan rencana liburan | · Berdiskusi kelas membahas bahwa di dalam keluarga tidak dapat hidup sendiri-sendiri · Berdiskusi bagaimana tata cara saling menghormati di rumah · Menuliskan macam-macam cara membuat keputusan untuk menentukan rencana liburan keluarga | 2 x 35 | ||||
3.3 Menampilkan sikap mau menerima kekalahan | · Tata Cara Pemilihan Ketua Kelas | · Menyebutkan bagaimana cara melaksanakan pemilihan ketua kelas yang baik · Menjelaskan pentingnya saling menghormati keputusan teman · Menuliskan tata cara pemilihan ketua kelas yang demokratis | · Mengamati gambar tata cara pemilihan ketua kelas (di halaman 49) · Menceritakan makna gambar (Ibu Guru Meutia di kelas Dina sedang diadakan pemilihan ketua kelas) · Bertanya jawab tentang tata cara pemilihan ketua kelas yang baik dan benar sesuai dengan | Tugas Individu | · Tes lisan · Penilaian Skala sikap · Penilaian performance · (unjuk kerja) · Obyektif Tes · Subyektif Tes · Penilaian perilak | Siapa hewan yang paling di sayang manusia? Mengapa kucing tidak mau menyalami anjing? Apakah kucing sudah bersikap demakratis? | 4 x 35 | § Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 43 - 58 § Orang tua § Teman § Lingkungan sekolah dst |
· Belajar Bersikap Demokratis | · Membedakan syarat-syarat pemimpin yang baik dengan kurang baik · Mengidentifikasi tata cara bersikap demokratis · Menceritakan kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan cara demokratis | · Mengidentifikasi syarat-syarat pemimpin yang baik · Berdiskusi kelas membedakan pemimpin yang baik dengan yang kurang baik · Menuliskan tata cara bersikap demokratis di sekolah | ||||||
· Bersikap Demokratis | · Mengamati gambar di hal 52 tentang tindakan yang demokratis · Memberi warna gambar yang mencerminkan sikap demokratis · Bertanya jawab tentang gambar yang mencerminkan sikap demokratis dengan yang tidak demokratis · Membaca kisah “mengapa anjing selalu mengejar kucing” · Menceritakan inti dari kisah mengapa anjing selalu mengejar kucing” · Berdiskusi kelas membahas kisah mengapa anjing selalu mengejar kucing” · Bertanya jawab hubungannya dengan sikap demokratis | · Menjelaskan dimana saja untuk dapatnya hidup berdemokratis · Menuliskan cara bersikap demokratis di rumah · Menuliskan cara bersikap demokratis di sekolah · Melaksanakan perilaku demokratis disegala tempat |
Thx sharingnya yaa :)
BalasHapusterimakasih ya
BalasHapusThanks untuk silabusnya. Sangat membantu sekali :)
BalasHapus