BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic)
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
B. Rumusan Masalah
1. Pengenalan Komputer
2. Perangkat Keras Komputer
3. Perangkat Lunak Komputer
4. Arsitektur Sistem Komputer dan Sistem Bilangan
5. Konsep Basis Data
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengenalan Komputer
1. Konsep Komputer
Hampir setiap bidang pekerjaan manusia saat ini misalnya di kantor, perusahaan, sekolah, rumah dan dimanapun menggunakan komputer. Bahkan beberapa pekerjaan sangat tergantung pada teknologi komputer, misalnya sistem perbankan modern yang menggunakan transaksi on-line, industri atau pabrik modern untuk mengendalikan setiap proses produksi, sekolah untuk pengolahan data administrasi, kedokteran untuk mendiagnosis penyakit pasien, penerbangan dan ruang angkasa untuk mengendalikan pesawat, mengkomunikasikan data dan lain sebagainya.
Definisi Komputer :
Seperangkat alat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan di memori serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Sistem Komputer
Adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.
Jadi pada dasarnya hardware komputer dibagi menjadi 3 perangkat utama, yaitu input device, process device, dan output device. Tahap pengembangan dari pengolahan data dasar tersebut yaitu ditambah dengan perangkat penyimpanan data atau informasi (storage device).
2. KemampuanKomputer
Kemampuan lain yang dimiliki oleh komputer adalah kecepatan mengirim data dalam format apa pun antar komputer dalam jaringan lokal, regional, maupun global. Selain itu komputer mampu terus hidup atau menyala dalam kurun waktu yang lama dalam hitungan bulan bahkan tahun tanpa komputer itu harus mati hanya beberapa menit atau jam dalam setahun.
Manusia memanfaatkan komputer dengan beragam cara, mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, meng-edit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian masalah-masalah ilmiah, bisnis, mengendalikan mesin industri, bahkan mengendalikan pesawat ruang angkasa. Tujuan penggunaan komputer adalah agar setiap data yang diolah dapat dihasilkan informasi yang cepat, akurat, informatif dan efisien.
4. Perkembangan dan Klasifikasi Komputer
4.1.Perkembangan Komputer
Ø Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Ø Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Ø Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Ø Komputer Generasi Keempat 19701980an)
Ø Komputer Generasi Kelima (1980-an-?)
Ø Komputer Generasi Keenam
B. Perangkat Keras Komputer
1. Perangkat keras input
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
2. Perangkat keras pemroses
yaitu perangkat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat perangkat input dan hasilnya akan ditampilkan pada perangkat output. Secara umum perangkat proses terangkum dalam Central Processing Unit atau CPU.
3. Perangkat keras output
Output device merupakan peralatan Yangg berfungsi guna mengeluarkan Hasill pemrosesan ataupun pengolahan data Yangg berasal dari CPU kedalam media Yangg bisa dibaca oleh manusia ataupun bisa dipakai guna penyimpanan data Hasill proses.
4. Perangkat keras penyimpanan
Perangkat keras penyimpanan berfungsi sebagai menyimpan data & Software secara permanen supaya bisa dikembalikan kembalii oleh komputer setiap dibutuhkan.
5. Periferal (perangkat tambahan)
Perangkat tambahan berupa modem atau modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.
C. Perangkat Lunak Komputer
1. Pengertian software
Suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pengendali, pendukung, dan aktivitas-aktivitas pengolahan perintah pada sistem komputer. Jadi Software merupakan komponen Abstrak dari sistem komputer.
2. Pembagian jenis software
Ø Software Sistem Operasi
Merupakan software yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tentang segala aktivitas komputer seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya.
Ø Software Aplikasi
Adalah program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. Software aplikasi terdiri dari Bahasa Pemrograman, Program Aplikasi, Program Paket, Program Utilitas, Program Driver, Game dan Entertainment dsb.
Ø Software Driver
Merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan Perangkat Periferal dengan Sistem Operasi apabila dalam database sistem operasi tidak memiliki Driver dari periferal yang disambungkan. Contoh dari Software Driver yaitu Driver Printer, Driver Scanner, Driver Modem, Driver Motherboard yang berfungsi untuk mengaktifkan periferal Onboard.
D. Arsitektur Sistem Komputer dan Sistem Bilangan
1. Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer sangat berkaitan dengan fungsi-fungsi operasi dari masing-masing komponen sistem komputer, namun dalam hal ini akan dibahas secara mendalam mengenai Arsitektur CPU (Central Processing Unit).
Arsitektur Internal Komputer
Fungsi dasar yang dibentuk komputer adalah Untuk Melakukan Eksekusi Program. CPU (Central Processing Unit) melakukan tugas ini dengan cara mengeksekusi suatu program.
Proses Eksekusi
Secara sederhana langkah proses eksekusi ada 2 yaitu:
1. Instruksi Baca (fetch) CPU dari memori pada suatu saat.
2. Eksekusi Setiap Instruksi Oleh CPU.
Proses Eksekusi Lanjut
Instruksi yang berupa kode-kode biner akan menentukan apa yang harus dilakukan oleh CPU. CPU menginterpretasi instruksi dan melakukan aksi/tindakan yang diperlukan.
Aksi-aksi CPU dapat dibagi menjadi 4 Kategori :
1. CPU – Memori
Data dapat dipindah dari CPU ke Memori atau dari Memori ke CPU
2. CPU – I/O (Input/Output)
Data dapat dipindah ke atau dari luar dengan pemindahan antara CPU dan Modul I/O
3. Proses Data
CPU dapat membentuk sejumlah operasi Aritmetik atau Logika terhadap data
4. Kontrol
Sebuah instruksi dapat mengubah urutan eksekusi saat berada pada tahap siklus fetch
Sistem Bilangan
Konsep bilangan biner dan decimal
Perbedaan mendasar dari metoda biner dan desimal adalah berkenaan dengan basis. Jika desimal berbasis 10 (X10) berpangkatkan 10x, maka untuk bilangan biner berbasiskan 2 (X2) menggunakan perpangkatan 2x. Sederhananya anda perhatikan contoh berikut ini!
Konversi Desimal ke Biner
Untuk mengubah angka desimal menjadi angka biner digunakan metode pembagian dengan angka 2 sambil memperhatikan sisanya.
Contoh

E. Konsep Basis Data
Microsoft Acces
MS. ACCESS adalah sebuah perangkat lunak basis data relasional yang menyimpan data yang salaing berelasi / berhubungan dalam suatu tempat yang dikenal dengan database.
MS. ACCESS mempunyai enam tipe obyek yaitu :
1. Table,
2. Quey,
3. Form,
4. Report,
5. Macro, dan
6. Module
Contoh Kasus
Buatlah database baru dengan nama STKIP yang mempunyai 2 buah tabel yaitu orangtua dan mahasiswa dengan menggunakan field-field untuk masing-masing tabel seperti tabel berikut:
Tabel Mahasiswa
NAMA MAHASISWA | PRODI | IPK |
| ||
| ||
|
Tabel Orangtua
NAMA ORANG TUA | ALAMAT | TGL LAHIR |
| ||
| ||
|
BAB III
PENUTUP
Komputer sangat penting bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang, bahkan disetiap pekerjaan meggunakan tekhnologi informasi karena kemampuan utama komputer yaitu ketepatan dan kecepatan dalam mengolah data serta menghasilkan informasi. Selain itu juga memiliki kecepatan dalam mengirim data dalam format apapun antar komputer dalam jaringan lokal, regional maupun Global.
good
BalasHapusMy blog